SELAMAT DATANG DI DUNIA NDT !!!

Rabu, 20 Juli 2011

METODE NDT

Penetrant Testing (PT)


Dengan metode pengujian, benda uji dilapisi dengan larutan yang mengandung pewarna terlihat atau neon. Kelebihan solusi ini kemudian dihapus dari permukaan objek tetapi yang tersisa di permukaan melanggar cacat. Pengembang kemudian diterapkan untuk menarik keluar penetran dari cacat. Dengan pewarna fluorescent, sinar ultraviolet yang digunakan untuk membuat bleedout yang berpendar terang, sehingga memungkinkan ketidaksempurnaan untuk menjadi mudah terlihat. Dengan pewarna terlihat, kontras warna hidup antara penetran dan pengembang membuat bleedout mudah untuk melihat. Indikasi warna merah pada gambar merupakan cacat dalam komponen ini.

Magnetic Particle Testing (MT)

Metode NDT ini dicapai dengan menginduksi medan magnet dalam bahan feromagnetik dan kemudian membersihkan permukaan dengan partikel besi (baik kering atau tersuspensi dalam cairan). Permukaan dan dekat permukaan cacat mengganggu aliran medan magnet dalam bagian dan memaksa beberapa lapangan untuk bocor keluar di permukaan. Partikel besi tertarik dan terkonsentrasi di lokasi dari kebocoran fluks magnetik. Hal ini menghasilkan indikasi terlihat cacat pada permukaan material. Gambar di atas menunjukkan komponen sebelum dan setelah pemeriksaan menggunakan partikel magnetik kering

Ultrasonic Testing (UT)

Dalam pengujian ultrasonik, frekuensi tinggi gelombang suara ditransmisikan menjadi bahan untuk mendeteksi ketidaksempurnaan atau untuk mencari perubahan dalam sifat material. Teknik pengujian yang paling umum digunakan adalah pulsa ultrasonik gema, dimana suara dimasukkan ke dalam benda uji dan refleksi (gema) dari ketidaksempurnaan internal atau permukaan geometris bagian yang dikembalikan ke penerima. Berikut adalah contoh inspeksi las gelombang geser. Perhatikan indikasi meluas ke batas atas layar. Indikasi ini diproduksi oleh suara yang dipantulkan dari sebuah cacat dalam las.

Radiography (RT)
RT melibatkan menggunakan gamma atau penetrasi X-radiasi pada bahan dan produk untuk mencari cacat atau memeriksa fitur internal atau tersembunyi. X-ray generator atau radioaktif isotop digunakan sebagai sumber radiasi. Radiasi diarahkan melalui bagian dan ke film atau detektor lainnya. Para wayang kulit yang dihasilkan menunjukkan fitur internal dan kesehatan bagian. Bahan ketebalan dan kepadatan perubahan yang diindikasikan sebagai area yang lebih terang atau lebih gelap pada film atau detektor. Daerah gelap dalam radiograf bawah mewakili void internal dalam komponen.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar